Tuesday, December 23, 2008

Cara Menciptakan Wawancara Yang Berkesan

SEBELUM diterima menjadi salah satu pegawai di sebuah perusahaan, Anda harus melewati berbagai tahap penyeleksian. Salah satunya adalah tahap interview atau wawancara yang dilakukan oleh staf Human Resources Department (HRD).

Setelah melewati tahap ini tidak sedikit calon pekerja yang gugur. Tentu hal tersebut disebabkan oleh banyak faktor, terutama penilaian HRD perusahaan yang bersangkutan terhadap kandidat calon karyawannya.

Nah agar Anda dapat memberikan kesan yang baik saat melalui tahap ini, sebaiknya Anda menjawab pertanyaan dengan lancar dan menguasai keadaan. Selain itu, Anda pun harus menjaga sikap agar para pewawancara terkesan dengan penampilan dan cara Anda menjawab pertanyaan yang diajukan.

Dikutip dari Careerbuilder, Senin (1/12/2008), ada 4 cara yang dapat dilakukan untuk memberi kesan saat sesi wawancara. Di antaranya:

Tunjukkan rasa antusias

Langkah pertama yang dapat dilakukan untuk memberi kesan pada para penguji adalah menunjukkan rasa antusias Anda terhadap bidang yang diinginkan. Agar tidak mengurangi penilaian pewawancara terhadap Anda, lakukan dengan sopan dan baik.

Dengar dan simak dengan baik

Saat penguji mengajukan beberapa pertanyaan pada Anda, maka Anda harus memberikan waktu kepada mereka berbicara. Usahakan tidak memotong pembicaraan, namun dengarkan dan simak dengan baik apa yang mereka utarakan. Langkah ini dilakukan agar Anda dapat menjawab semua pertanyaan dan fokus selama menjalani sesi interview.

Jaga emosi para penguji

Agar para penguji tidak tersinggung dengan jawaban Anda, maka sudah semestinya Anda membaca situasi dan menjaga emosi mereka. Caranya yaitu tidak mengucapkan kata-kata yang tidak sopan dan menyulut pertengkaran.

Tunjukkan kelebihan yang dimiliki

Dalam sesi interview, Anda dapat mengutarakan kelebihan-kelebihan yang dimiliki. Dengan menceritakan nilai-nilai positif tersebut dapat menjadi salah satu nilai tambah untuk Anda. Langkah yang mudah dilakukan ialah mengemukakan apa saja kelebihan Anda.

Artikel yang berhubungan :



0 comments:

Post a Comment

Template by : Wahyu Hidayat h1dayat.blogspot.com